Build Character Daily

Pembangunan karakter merupakan sebuah proses yang bisa dikatakan panjang, tentunya tidak bisa instan. Pemikiran sederhananya adalah, karakter kita yang sekarang ini adalah hasil bentukan, tempaan dari orang tua, keluarga, teman - teman, guru - guru, serta berbagai macam jenis manusia dan lingkungan yang telah kita temui sebelumnya. 

Banyak faktor yang mempengaruhi bagaimana karakter kita terbentuk bila dilihat dari rentetan daftar di atas. Akan tetapi, sejatinya pondasi pembentukan karakter ada pada keluarga, pada orang tua lebih tepatnya. Pembentukan karakter ibarat membangun sebuah istana masa depan. Siapa sih yang gak pengen punya istana masa depan? Diawali dengan pemasangan pondasi yang harus benar - benar kokoh menopang. Berikutnya, hari demi hari dibangunlah istana masa depan dengan menyusun rapi batu bata karakter yang baik dalam balutan adonan moral dan kasih sayang. Jadi bisa dibayangkan bukan, betapa panjang dan tidak mudahnya proses yang kita jalani demi memiliki sebuah istana masa depan nan indah dan megah. 

Sekarang siapkan cermin di depan Anda, atau silahkan mencari di bagian mana letak cermin di rumah Anda, lalu bercerminlah. Pandangi lekat - lekat diri Anda dan bertanyalah, "aku ini manusia seperti apa sih?" Rasanya akan banyak terjadi pergumulan pada perasaan dan pikiran Anda, apakah Anda akan benar -benar jujur dalam menilai 'orang seperti apakah Anda', 'manusia seperti apakah Anda'... Saya rasa merupakan hal yang wajar bila itu terjadi, karena Saya sendiri juga demikian (meski kadang berlaku berbeda untuk kondisi tertentu/ada pengecualian). Hmmm...bila Anda ingin mendengar jawaban yang jujur mengenai "orang/manusia macam apakah Anda" maka bertanyalah pada cermin hidup di sekitar Anda yang akan memberikan penilaian yang lebih objektif, lebih jujur tentunya.

Jawaban seperti apa yang Anda dapatkan dari cermin - cermin itu? Apakah sesuai ekspektasi Anda atau justru bertolak belakang dengan itu? Apapun jawabannya, bijak rasanya untuk merenungkannya pertama, kalau perlu Anda bisa catat agar Anda bisa lebih fokus pada ritual perenungan selanjutnya. Proses perenungan selesai, lalu apa yang akan Anda lakukan berikutnya? Ah Saya sangat kecewa dengan penilaian mereka, yasudahlah mau diapakan lagi ..... atau ..... Ternyata begitu ya, Saya pasti bisa berubah menjadi lebih baik, terima kasih telah membangunkan Saya dari mimpi, sekarang Saya akan membangun kembali karakter positif diri Saya, Saya tidak akan terlena lagi. Nah, kira - kira Anda termasuk yang mana y... :)

Tolong dicatat dalam benak dan pikiran Anda! "Minggir pesimis, Aku bisa menjadi lebih baik!" Percayalah pada diri Anda dan komit untuk berubah. Tinggalkan teman dan lingkungan yang akan menghambat reinkarnasi Anda dan berkumpullah mulai sekarang dengan para agen perubahan untuk bersama - sama mengubah dunia. Huwaaa kebakaran semangat...yeay.


Build Character Daily

Tekad Anda sudah bulat dan kuat?! Lanjutkan dengan pembangunan karakter Anda yang baru. Beberapa tahapan yang dapat Anda lakukan Saya bagi dalam beberapa menu harian. Mengapa Saya sebut menu harian, karena pembangunan karakter dilaksanakan secara berkesinambungan dan berulang. Berkesinambungan karena pelaksanaannya bertahap dan terus menerus saling berkaitan antara pengetahuan, perasaan dan tindakan. Intinya adalah melakukan kegiatan yang mendorong Anda berpikir kritis, berkomitmen dan cukup berlatih. Selanjutnya dilaksanakan berulang agar benar - benar terpatri pada diri kita, itulah mengapa tahapan - tahapan dalam pembangunan karakter Saya analogikan dengan menu harian. Terdengar ringan, namun tidak kehilangan esensi dalam pencapaian. 

Makin penasaran kan apa saja menu yang akan Saya sajikan, sebelumnya sebagai catatan, menu pembangunan karakter ini akan sangat baik bila diterapkan sejak dini, namun dapat pula diterapkan bagi mereka yang ingin bertransformasi menjadi karakter yang lebih baik. Langsung saja ya, ini nih menu hariannya :

1. Reformasi

Menu yang satu ini merupakan titik awal tahapan pembangunan karakter. Bagaimana kita, bagaimana Anda dapat mengintegrasikan nilai - nilai karakter pada aktifitas keseharian yang dilaksanakan. Memasukkan nilai - nilai Kepedulian, Keterikatan emosional dalam hubungan dengan orang lain, Kebersamaan dalam perbedaan, Keadilan, Kejujuran, Disiplin, Demokratis dan Saling menghormati. Kebulatan tekad untuk melahap menu ini adalah titik tolak menuju pembangunan karakter yang mumpuni. Bisa diibaratkan sebagai detox bagi karakter yang telah tertanam di diri kita, membuang karakter - karakter negatif, kemudian menggantikannya dengan karakter - karakter yang positif.
    
2. Komunitas

Awal yang baik telah Anda mulai. Merasa berat? Sangat mungkin dan merupakan suatu kewajaran. Slow saja, karena tidak ada keharusan untuk menelan semua lauk pauk pada menu detox di atas, alih - alih tertelan semua, lebih mungkin justru akan termuntahkan semua, sayang kan. Perlahan namun pasti, karena perubahan memerlukan pembiasaan, dan pembiasaan itu tidak serta merta dapat merubah semua, namun sedikit demi sedikit tentunya. Nah, Anda sudah sampai pada menu kedua neh. Menu ini Saya sebut komunitas. Pembangunan karakter yang Anda inginkan akan lebih mudah bila dilaksanakan di lingkungan yang mendukung terbentuknya karakter tadi. Seperti bila Anda ingin harum ya bergaullah dengan penjual parfum, begitulah kira - kira. Selektiflah dalam memilih komunitas. Menilik perjalanan hidup yang telah Anda lalui, bila ingin berubah lebih baik, tinggalkan komunitas negatif Anda sebelumnya dan bergabunglah dengan komunitas positif masa depan Anda. Peran aktif Anda penting lho disini. Komunitas menjadi laboratorium Anda, berlatih jenis peran, mengatasi jenis tantangan, kemudian sampailah Anda pada tingkatan lanjutan pembangunan karakter yang Anda inginkan.
   
3. Nilai

Menu yang selanjutnya Saya sebut nilai. Tahapan pembangunan karakter lanjutan ini seperti sebuah treatment. Ini adalah apa yang Anda lakukan di laboratorium Anda. Mempelajari kasus per kasus, dapat bersumber dari pengalaman pribadi Anda, pengalaman rekan komunitas Anda, atau dari sumber ketiga seperti kisah, cerita, sejarah, biografi, dan yang lainnya. Pada tahapan inilah Anda akan belajar bermacam - macam karakter dan nilai. Anda akan diajak menilai pilihan suatu tindakan itu benar ataukah salah, alasannya seperti apa, apa yang seharusnya dilakukan, apa saja kekuatan dan kelemahan pada masing - masing pilihan, mengupas setiap kulitnya secara lengkap dari hulu hingga hilir, mengambil pelajaran pada setiap peristiwa di setiap sumbernya. Anda akan belajar membuat pilihan dengan mempertimbangkan dimensi etika dan moral, serta konsekuensi logis yang akan Anda terima, yang akan Anda hadapi dengan mengambil pilihan tersebut. 

4. Diskusi

Setelah Anda melewati tahapan nilai yang bisa dikatakan lebih bersifat pengamatan, sekarang saatnya Anda memasuki tahapan yang melibatkan interaksi aktif antara Anda dengan komunitas Anda, dengan lingkungan sekitar Anda. Keterlibatan penghuni komunitas dalam tahapan ini akan menjadi faktor pendukung yang penting dalam proses pembangunan karakter Anda. Diskusi menjadi sarana refleksi mengenai implikasi nilai dalam komunitas dikaitkan dengan lingkungan yang lebih luas lagi. Melahap menu ini akan membantu dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis Anda, memberikan pengalaman berinteraksi dengan orang -orang di dalam komunitas Anda, serta sebagai sarana refleksi bagi diri Anda, apa yang sebenarnya diinginkan terjadi dan yang sebenarnya terjadi. Tahapan ini cenderung akan terus bergulir dan keterikatan antar personal dalam komunitas akan terbentuk.  

5. Aksi

Menu berikut ini merupakan penentu dalam proses pembangunan karakter setelah Anda melalui beberapa tahapan sebelumnya. Inilah tahapan transformasi diri Anda, berhasil tidaknya Anda mengubah karakter negatif Anda menjadi karakter yang positif. Bukan sulap bukan sihir.

Selamat Makan ;)





0 Response to "Build Character Daily"

Posting Komentar