4 Kunci Bagaimana Meningkatkan Keterampilan Kepemimpinan Anda

Berkebalikan dengan pandangan yang diterima secara umum, beberapa dari kita terlahir dengan keterampilan memimpin. Ya, sesuai dengan yang tersebut dalam hadits yang tentunya sudah sangat umum diketahui karena pasti sering kita dengar, Hadits Riwayat Abu Daud, dari Abdullah Bin Umar bahwasanya Rasulullah SAW bersabda : " Ketahuilah, Setiap dari kalian adalah pemimpin yang akan dimintai pertanggungjawabannya. Seorang imam adalah pemimpin bagi masyarakatnya dan akan dimintai pertanggungjawabannya tentang kepemimpinannya. Seorang suami adalah pemimpin bagi keluarga dan ia bertanggung jawab terhadap keluarganya. Seorang istri adalah pemimpin bagi rumah suaminya dan anak-anaknya dan ia bertanggung jawab terhadap mereka. Seorang pembantu adalah pemimpin bagi harta tuannya dan ia bertanggung jawab terhadapnya. Setiap kalian adalah pemimpin dan tiap kalian mempunyai tanggung jawab terhadap yang dipimpinnya." (2930) 

4 Kunci Bagaimana Meningkatkan Keterampilan Kepemimpinan Anda 

Banyak dari para pemimpin yang kita lihat atau mungkin kita temui selain memang telah terlahir dengan ketrampilan memimpin, memperolehnya melalui kombinasi dari keberuntungan dan pengalaman. Dalam artikel ini, Saya akan membagikan 4 kunci bagaimana meningkatkan keterampilan kepemimpinan Anda. Hanya untuk Anda !

1 - Memiliki Visi yang Tegas dan Jelas

Seorang pemimpin itu tahu dan paham siapa mereka dan dimana posisi mereka. Tapi jangan khawatir bila Anda belum tahu itu. Hal yang penting adalah bahwa Anda bekerja dalam waktu beberapa minggu kedepan dan menghasilkan suatu rencana kerja. Pekerjaan musti terkonsep dengan jelas sebagai pedoman pelaksanaan pekerjaan agar fokus dan terarah. Semua pemimpin yang kuat memiliki rencana dan mereka tidak ragu-ragu terhadapnya.

Cari tahu dan buat check list untuk mengatur beberapa tujuan pribadi yang baru. Kemudian pergilah untuk melakukan segala hal yang dibutuhkan untuk mencapainya. Bisa diibaratkan untuk pergi ke medan perang kita harus menyiapkan amunisi sebagai bahan utama yang dibutuhkan dalam perang agar kita dapat memenangkan perang tersebut. Kalau kita pergi perang dengan tangan kosong alih-alih berharap akan kemenangan, kekalahan telak justru yang akan kita terima. Jadi siapkan sedini dan selengkap mungkin apa-apa saja yang kita butuhkan dalam pencapaian tujuan.

Seorang pemimpin dengan visi pribadi yang kuat akan sangat dihormati. Perusahaan yang sukses bekerja karena visi dari pimpinannya yang kemudian dimiliki, diserap oleh setiap orang di organisasinya untuk selanjutnya dilaksanakan dalam pelaksanaan pekerjaan. Jika Anda juga menunjukkan ketegasan yang sama dalam mengejar tujuan organisasi kedepan, sekali lagi, Anda akan mendapatkan rasa hormat untuk ini.

2 - Sikap Mental yang Positif

PMA adalah singkatan dari positive mental attitude atau yang berarti sikap mental yang positif. Banyak orang sinis yang akan mengejek bila berbicara mengenai menjadi positif namun fakta yang akan berbicara sendiri. Orang yang sukses adalah yang positif. Seorang pecundang adalah yang negatif. Maka menjadi yang manakah yang akan Anda pilih dalam hidup ? Renungkan baik-baik !

Bila Anda tetap memilih untuk menjadi seseorang yang positif dan melihat sisi yang baik dari suatu hal, maka karyawan akan menghormati Anda lebih banyak. Jadi apa yang akan Anda lakukan? Akankah Anda hanya mengeluh tentang semua kemalangan dan kesedihan yang Anda alami ? Kalau kata anak alay jaman sekarang : "OMG Hellooooww Lu kira cuman Lo aja yang paling menderita di dunia ini" (dengan mimik campuraduk lebih ke sinis hehehe). Atau Anda akan bersikap positif dan bersyukur atas apa yang Anda miliki saat ini dan melihat bahwa masih ada banyak kesempatan untuk maju, memperbaiki diri serta meraih semua yang Anda inginkan ?

Jika Anda menjadi positif, maka ini akan menyebar seperti layaknya sebuah infeksi kepada karyawan Anda. Spread Like A Virus....wew...asal virus kebaikan everything's gonna be OK !

3 - Memotivasi yang lain untuk Meraih Kesempatan Mereka

Seorang pemimpin yang besar dapat terhubung dengan karyawannya secara sedemikian rupa sehingga membawa hal yang baik untuk mereka. Anda dapat melakukannya dengan berbicara tentang kepentingan bersama dan menunjukkan sedikit perhatian mengenai apa yang membuat Anda tertarik. 

Satu yang perluu Anda garis bawahi adalah bahwa sebagai seorang pemimpin, Anda tidak pernah bisa benar-benar menjadi "bagian dari geng" dan Anda selalu harus menjaga sedikit jarak dengan karyawan Anda. Akan tetapi berusahalah untuk bisa sedekat mungkin yang Anda bisa, dengan begitu mereka akan bersedia bekerja keras untuk Anda.

Tunjukkan apresiasi Anda kepada karyawan dan mereka akan bersedia menyenangkan Anda. Akan tetapi, Anda juga harus terhubung secara personal dengan tim Anda dan menunjukkan bahwa Anda benar-benar peduli. Memberikan perhatian kepada setiap orang dan bertanya tentang kehidupan pribadi mereka tanpa mengganggu privasi dan pikiran mereka. PDKT juga penting gak cuma buat orang yang lagi kasmaran aja, sebagai salah satu bentuk rasa perhatian dan memahami karakter seseorang, sebagai alat bantu kita dalam menentukan kebijakan juga dalam pekerjaan.

Karyawan tidak akan peduli jika mereka dikecewakan oleh perusahaan tempat mereka bekerja. Akan tetapi bila mereka tahu Anda dengan baik maka mereka tidak akan mau mengecewakan Anda.

4 - Penyempurnaan Diri

Jangan pernah berhenti belajar. Seperti peribahasa carilah ilmu sampai ke negeri cina and cari ilmu itu dari lahir sampe ke liang lahat. Busyet serem amat ya bawa-bawa liang lahat. Yang perlu diingat adalah tidak ada seorangpun di dunia ini yang tahu semua hal. Dunia berubah setiap hari, sehingga tetap mengikuti apa yang terjadi dan terus mengembangkan diri, jangan sampai ketinggalan informasi sekecil apapun. Follow the flow but don't get swept away.

Apakah itu berbicara di depan umum, kemampuan untuk bernegosiasi, kepercayaan diri, keterampilan pelatihan Anda, belajar bahasa baru atau apapun itu - selalu ada ruang untuk kemajuan, penyempurnaan pada diri setiap orang. Nobody's perfect !

Biasakan belajar terus menerus dan itu akan menjadi bagian yang normal dari kehidupan Anda dan Anda akan mendapatkan keuntungan yang besar dari itu.

BANZAI !!!


0 Response to "4 Kunci Bagaimana Meningkatkan Keterampilan Kepemimpinan Anda "

Posting Komentar