INDONESIA VS MALAYSIA

Pertandingan memperebutkan posisi pada semi final Piala AFF malam ini merupakan pertandingan yang cukup menegangkan bagi sebagian besar masyarakat baik di Indonesia maupun di Malaysia. Pertandingan yang tidak saja memperebutkan posisi dalam suatu pertandingan sepak bola, melainkan juga pertandingan yang penuh dengan gengsi dan mempertaruhkan harga diri. Ramai sekali bermunculan di jejaring sosial, broadcast messenger maupun posting-posting di berbagai laman membahas pertandingan malam hari ini. Ada yang terkesan provokatif ada pula yang berusaha menjadi penengah. Apapun itu tergantung bagaimana personal kita menyikapinya. Sikap nasionalisme sangat penting namun jangan sampai menjadi berlebihan. Tetap sikap sportif haruslah dijunjung tingggi. 

Stadion Bukit Djalil malam hari ini akan menjadi saksi dari begitu menggeloranya semangat dari para supporter kedua belah pihak. Di tengah guyuran hujan yang menyiram lapangan hijau kontras sekali merah menggeloranya pasukan Indonesia dengan birunya Malaysia yang di babak awal Indonesia sudah mulai menghunjam pertahanan Malaysia. Pada awal babak pertama tanpa diduga-duga karna lemahnya pertahanan kiri Indonesia mengakibatkan Indonesia sementara tertinggal dari Malaysia 0 - 2. 

Di stadion yang yang lain tanpa diduga pula Laos memimpin sementara dari Singapura 2 - 1. Bola itu bundar, tidak ada yang bisa memprediksi akan bergulir kemana dia. Segala prediksi di atas kertas bisa termentahkan dengan hasil akhir di lapangan. Jadi tergantung sejauh mana kita bisa menggiring bola itu menjadi seperti apa yang kita inginkan. Apapun itu, sportif tetap yang utama dengan tetap menjaga ke andap asoran budaya kita Bangsa Indonesia. Jangan mudah terprovokasi saudara. Salam olah raga !!!

Akhirnya Indonesia lagi-lagi harus legowo menerima kekalahan melawan Malaysia 2 - 0. Dan yang masuk ke semi final Piala AFF dari Group B adalah Malaysia dan Singapura. Singapura berhasil masuk ke semi final dengan mengalahkan Laos 4 - 3. Semoga sepak bola ke depan Indonesia bisa semakin baik lagi. Kualitas personil sangat penting disertai pengalaman di luar dari kehandalan tim manajemen dalam meramu pasukan perang yang bertanding di medan laga sesungguhnya. Semoga bisa dijadikan pelajaran. Jadikan kebetulan bukan hanya kebetulan, tapi wujudkan! Salam olah raga!!!!!


0 Response to "INDONESIA VS MALAYSIA"

Posting Komentar